Apr 15, 2011

Integrated Facebook Page

Masih seputar trend social marketing yang gak bakal ada habisnya walaupun dibahas terus-terusan :)

Untuk company dunia sebesar Starbucks, diperlukan terobosan yang selalu fresh untuk campaign-campaign produk mereka. Campaign terakhir mereka adalah tentang isu lingkungan. Tapi disini bukan itu yang mau saya omongin. Saya mau omongin tentang Facebook page mereka yang terintegrasi. Sebenernya apaan sih itu?

Yang saya maksud integrasi disini adalah bukan integrasi dengan third party lain atau apa, tapi dengan SESAMA PAGE mereka. Untuk perusahaan multi-nasional, sudah umum untuk mempunyai kantor cabang di setiap negara. Dalam kasus facebook page, mereka juga mengklasifikasikan komunitas mereka per negara. Jadi kita bakalan banyak ngeliat page Starbucks di Facebook, ada Starbucks Indonesia, Starbucks Brasil, Starbuck Malaysia dll.

Uniknya dari multi-regional-fanpage mereka itu, mereka masukin aplikasi yang bisa menghubungkan si user dengan komunitas Starbucks dari negara-negara lainnya. Wow, sungguh terobosan yang menarik, setidaknya dari kacamata saya :)

Mereka menamakan aplikasinya "Around The World"

Around The World
User tinggal klik salah satu bendera yang ada di map, maka user otomatis di redirect ke facebook page di regional tersebut. Pretty convenient right? Ini namanya terobosan yang menyatukan komunitas. Untuk perusahaan sebesar starbucks yang memiliki jutaan fans, saya rasa aplikasi seperti ini memang diperlukan. 2 Jempol buat starbucks :)

No comments: