Feb 5, 2009

Renewal RO?! Bagus ato Buruk?..

Jadi begini. RO sudah hampir tidak bisa berkembang. Saya yakin anda nggak mau kena Asura seorang Shura dengan str/int/dex 99, dan sebagainya. Sebenarnya, di sini kita bisa melihat kelemahan RO. Skill Ashura Strike sebenarnya dimaksudkan sebagai skill “final” yang hanya digunakan saat sangat diperlukan.
Itu berlaku dulu, saat job 2-2 baru masuk. Sekarang dengan job trans seperti Scholar, skill-skill banyak yang berubah fungsi. Champion dapat dengan santai meng-ashura semua orang dan tinggal makan segerobak strawberry atau minta SP kepada scholar terdekat. Bisa dibayangkan apa yang akan terjadi jika terus seperti ini…
Dan untuk memberi jalan kepada job 3, kita harus melemahkan dulu job 2 dan 2trans. Kalau tidak, job 3 tidak akan berarti banyak…
Saya akan jelaskan perubahan yang penting, tapi tidak semuanya. Ada link lengkap di dibawah untuk detail.
Hal mencolok pertama: perubahan sistem stat.
Catat: Hal ini berlaku pada semua job, bukan hanya job 3.
STR meningkatkan ATK, tapi tidak lagi dengan pola setiap 10 STR. Setiap 5 STR jika meningkatkan DEF.AGI meningktkan flee dan ASPD, ditambah dengan DEF per 5 poin.VIT hampir sama seperti dulu.INT juga hampir sama.DEX meningkatkan HIT, MDEF, MATK, DEF, dan ASPD.LUK meningkatkan CRIT, ATK, MATK, HIT, FLEE, dan Perfect Dodge.
ATK mirip seperti dulu.MATK dapat ditambah oleh senjata anda. Rod[4] mungkin bukan terbaik lagi.DEF mirip seperti dulu.MDEF juga.HIT juga begitu.
Nah sekarang mulai mengerikan.
ASPD jauh lebih lambat secara umum. Sebagian besar karakter ASPDnya akan jatuh hingga setengah sekarang. ASPD juga akan jatuh jika anda memakai perisai. Tapi tenang. Jika anda sudah level 150 nanti, mungkin anda akan mendapat ASPD seperti sekarang lagi.
Waktu cast sangat berubah. Waktu cast memiliki nilai minimal - anda tidak bisa lagi cast SG dengan waktu 0.2 detik. Bragi/suffrag/DEX hanya bisa mengurangi cast sampai batas tertentu. Waktu cast dasar telah dikurangi agar ini tidak terlalu berat, tapi tetap akan terasa efeknya.
EXP berubah drastis. Sekarang, anda memiliki keterbatasan hunt, bergantung pada level anda dan level monster yang dilawan. Jika level anda kurang dari level monsternya, exp bertambah 1% per perbedaan level, hingga 5 level (bonus 10% sehingga menjadi 15%). Namun, jika level anda 5 level atau kurang di bawah monsternya, anda akan mengalami penalti pada damage, HIT, dan FLEE. Jika lebih dari 10, kekuatan musuh jauh bertambah dan sulit membunuhnya.
Jika anda 4-9 level lebih tinggi dari monster, anda akan mengalami penalti pada EXP yang anda dapat. Jika 10 atau lebih, anda tidak akan dapat EXP sama sekali. Namun, dengan memiliki level lebih tinggi dari monster, kita menerima bonus damage, HIT dan FLEE.
Nama monster akan diberi warna sebagai pertanda apakah levelnya lebih tinggi atau kurang dari level kita. Level para monster pun ikut berubah, dan tempat tinggalnya di peta RO juga pinda-pindah. Misalnya, para monster bio 3 menjadi level 130an. Kebetulan, hal ini juga berefek di PVP.
Sepertinya perubahan sistem EXP dimaksudkan juga agar pemain melawan monster yang sesuai, dan tidak memaksakan pada monster yang lemah (sperti halnya bot). Ada juga perubahan di EXP yang dibutuhkan untuk naik level. Kebutuhan EXP dikurangi, dan tidak sedrastis dulu di level 90an, agar hunt lebih mudah. Namun, job level lebih lambat juga. Kemungkinan besar anda mendapat job 50 pada job 2 anda berdekatan dengan base 99.
Perubahan pada Skill
Heal dipengaruhi MATK.Safety wall tidak bisa digunakan pada kotak yang baru saja digunakan untuk SW.Two Hand Quicken dan Adrenaline Rush menambah ASPD secara tetap, bukan %. Akibatnya AGI maupun VIT sama pengaruhnya.Damage Meteor Storm, Lord of Vermillion, Storm Gust, dan Heaven’s Drive meningkat.Acid Demonstration dikurangi oleh DEF dan MDEF.Assumptio hanya 35% reduksi di PVP/WOE.Soul Exhale hanya dapat mengisi 50% SP sasaran.
Kapan?
Saat ini renewal sedang diujicoba di kRO. Dikatakan bahwa job 3 akan mulai ujicoba pada bulan oktober ini. Setelah ujicoba renewal selesai, (mungkin memakan sampai 5-6 bulan), barulah renewal dipindahkan ke server utama kRO. Nah, dari situ, akan perlu sekitar setahun (kalau tidak lebih) untuk sampai ke idRO.
Mengerikan? Mengejutkan? Mungkin. Banyak yang akan berubah, tapi perubahan ini membuat RO lebih modern dan sesuai. Kita tunggu saja update berikutnya!

sumber dari http://www.pasarpayon.com/proyek-renewal-ragnarok.html

No comments: