Oct 24, 2011

Internet And Paradise

Marco Simoncelli - RIP bro!
Ada banyak kematian kelas dunia di bulan Oktober ini. Salah duanya adalah kematian Steve Jobs si pentolannya Apple dan Marco Simoncelli si pembalap Honda yang baru saja meninggal semalam akibat kecelakaan di Sirkuit Sepang, Malaysia.

Bukan soal tokohnya yang mau saya bahas disini, ini tentang penyebaran berita. Detik dimana pengumuman official meninggalnya kedua tokoh tersebut keluar, detik itu juga sudah banyak orang dari seluruh dunia yang mulai mengucapkan bela sungkawa. Tahukah anda darimana sebegitu cepatnya kabar beredar? Ya benar sekali, Internet :). Khususnya sosial media (twitter dalam hal ini, masih memegang rekor pertama sebagai lokasi penyebaran berita paling cepat di seluruh dunia).

Internet memang sudah merubah dunia. Efeknya mirip seperti adegan di film Harry Potter, pada saat Dumbledore meninggal, Salah satu guru Hogwarts, Profesor Mcgonagall mengacungkan tongkat sihirnya ke langit, lalu menembakkan sinar terang ke langit. Seketika itu juga semua orang yang melihatnya langsung tau. Kejadian di dunia kita pun mirip2 kayak gitu, namun minus tongkat sihir dan serbuan para pelahap maut. Cuma bermodalkan keyboard dan jaringan internet.

Saya juga mau ngucapin sekali lagi belasungkawa saya atas kematian kedua tokoh tersebut. Meskipun saya tidak kenal secara langsung, namun saya tumbuh berdampingan dengan produk dan acara yang mereka keluarkan (Jobs dengan produk Applenya dan Simoncelli dengan acara MotoGPnya).

May you two rest in peace, enjoy the ride to paradise guys!

No comments: